Aplikasi pengolah angka


Perangkat Lunak Pengolah Angka Microsoft Excel 2007


A.  Berbagai Aplikasi Pengolah Angka 

1.       StarOffice Calc
StarOffice calk merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Mycrosystem. StarOffice calk bersifat multiplatform dan dikeluarkan bersama-sama dengan paket StarOffice lainnya. StarOffice calk didesain dengan memperkirakan intuisi dari penggunanya sehingga orang yang tidak terbiasa menggunakan aplikasi pengolah angka tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini.
Kelebihan StarOffice calc yaitu :
• Kemampuannya untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja dan membantu penggunaknya untuk membuat grafik dari data tersebut sehingga lebih mudah dikomunikasikan dengan orang lain.
• Dapat mengkonversi file yang dihasilkannya menjadi dokumen Microsoft excel.

2. OpenOffice Calc
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat opensource. Selain gratis, kelebihan lain dari aplikasi OpenOffice Calc adalah dapat dijalankan di berbagai platform system operasi seperti windows, linux, solaris, dan Mac OS. OpenOffice Calc didistribusikan bersama-sama dengan paket OpenOffice yang lain. Kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari www.openoffice.org.
OpenOffice Calc memiliki tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar dan didesain untuk mudah digunakan.

3. GNOME Office – Gnumeric
GNOME Office – Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. GNOME Office – Gnumeric bersifat open source sehingga dapat didownload dan digunakan secara bebas.
Kelabihan GNOME Office – Gnumeric :
• Memiliki tampilan yang user friendly dimana jendela GNOME Office – Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.
   Dilengkapi dengan Help untuk mencari bantuan.
   GNOME Office – Gnumeric merupakan aplikasi pengolah angka berkualitas tinggi yang dikembangkan dalam proyek GNOME Office. GNOME Office – Gnumeric didesain untuk menggantikan aplikasi pengolah angka komersial yang ada pada saat ini. Karena itu GNOME Office – Gnumeric dilengkapi dengan hamper semua kemampuan dan fitur-fitur yang diharapkan dari sebuah aplikasi pengolah angka.

4. Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Nama abacus diambil dari alat perhitungan kuno yang digunakan pada zaman Yunani kuno dan Romawi kuno dan juga masih digunakan sampai saat ini di china. Awalnya, abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal, di bawah bimbingan Prof. Arlindo Olivera. Abacus memiliki tampilan yang dilengkapi menu-menu, tombol-tombol toolbar, dan scroll bar yang membuat Abacys mudah untuk digunakan. Abacus juga dilengkapi dengan kemampuan dan fitur-fitur standar dari sebuah aplikasi pengolah angka.

5. Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corp., perusahaan perangkat lunak terbesar di jagat ini. Microsoft Excel hanya dapat dijalankan di system operasi windows dan tidak pada system operasi lain. Microsoft Excel dijual satu paket dengan aplikasi Office lainnya dari Microsoft dan memiliki fitur-fitur yang user friendly. Jendela excel juga dilengkapi dengan Task Pane yang memungkinkan pengguna mencari bantuan dari Help Excel maupun bantuan secara online. Karena itu Microsoft Excel banyak digunakan.
A.  Identifikasi dan Komponen-komponen Microsoft Excel 2007

Perangkat lunak pengolah angka merupakan bagian dari perangkat lunak aplikasi perkantoran. Perangkat lunak pengolah angka digunakan untuk mengelola data, terutama data angka. Perangkat lunak pengolah angka yang akan dibahas pada Kelas XI Semester 2 adalah Microsoft Excel 2007.

Microsoft excel 2007 sering digunakan dalam perkantoran, perusahaan dan sekolah-sekolah untuk membantu perhitungan rugi laba, pengolahan data statistik, pembuatan database, operasi statistik, pembuatan grafik, penggunaan rumus dan sebagainya. Operasi aritmetika yang sering dilakukan dengan program ini antara lain perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian, logika dan lain-lain.
Untuk membuka program Microsoft Excel 2007 dikomputer Anda, dapat dilakukan dengan mengklik Start > All Program > Microsoft Office 2007 > Microsoft Excel 2007.


Untuk lebih mengenal perangkat lunak pengolah angka Microsoft Excel 2007, berikut adalah komponen-komponennya:














 



n
 
m
 
k
 
l
 
j
 
i
 
g
 
h
 
e
 
f
 


a.       Microsoft Office Button, berisi menu perintah yang berkaitan dengan dokumen.
b.       Quick Access Toolbar, berisi shortcut  perintah-perintah yang sering digunakan
c.        Title Bar, menampilkan nama program aplikasi dan nama file workbook yang aktif
d.       Window Control (Kontrol jendela), terdiri dari 3 tombol yang terletak disebelah kanan atas jendela excel.
e.        Ribbon, menampilkan tombol-tombol perintah seputar pengerjaan worksheet
f.         Name Box, kotak petunjuk posisi sel
g.       Nomor Baris, menunjukkan urutan baris pada lembar kerja Excel yang ditandai angka berurutan
h.       Nama Kolom, merupakan urutan kolom dalam lembar kerja Excel yang ditandai huruf  berurutan
i.         Sel, merupakan perpotingan antara kolom dan baris yang berbentuk kotak.
j.         Scrool Bar Ve rtical, untuk menggulung lembar kerja Excel secara vertikal (keatas dan kebawah)
k.        Scrool bar Hoizontal, untuk menggulung lembar kerja Excel secara horizontal (kekiri dan kekanan)
l.         Tabulasi Sheet, untuk memilih lembar kerja yang digunakan.
m.      View mode, berisi keterangan mengenai mode tampilan worksheet
n.       Zoom Slider, berfungsi untuk memperkecil atau memperbesar tampilan dokumen.

1.  Ribbon Pada Microsoft Excel 2007
Lembar kerja Microsoft Excel 2007 mempunyai Ribbon yang terdiri atas tujuh tab dasar, antaralain Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View. Setiap tab terdiri dari beberapa grup. Setiap grup terdiri dari tombol-tombol perintah.

a)    Tab Home

Tab ini berhubungan dengan pengelolaan isi worksheet. Tab Home memiliki tujuh grup, yaitu:
1)       Grup Clipboard, berisi tombol-tombol perintah copy, cut, paste dan format painter.
Untuk menyalin format sel
 


2)       Grup Font, berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan pengaturan font, yakni jenis font, ukuran, warna, cetak tebal, miring, garis bawah, dan sebagainya.

3)       Grup Aligment, berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan pengaturan alinea iisi dari sel, yakni rata kanan, rata kiri, rata tengah, rata atas, rata bawah, penggabunga cel dan sebagainya.

4)       Grup Number, berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan format isi sel.

5)       Grup Styles, berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan pengaturan tampilan sel.
-          Conditional Formatting : untuk memberikan tambahan visualisasi berupa grafik batang, ikon atau gradasi pada sel warna berdasarkan berdasarkan aturan tertentu.
-          Format as Table, untuk mengubah range sel tertentu menjadi bentuk tabel.
-          Cell Styles, untuk memformat sel kedalam bentuk tertentu.

6)       Grup Cells, berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan sel, meliputi penambahan sel, penghapusan sel, format sel dan sebagainya.
-          Insert Cells, untuk menambaha sel baris, kolom ataupun sheet
-          Delete Cells, untuk menghapus sel baris, kolom ataupun sheet
-          Format, untuk mengatur tinggi baris, lebar kolom, mengunci sel dan sebagainya.

7)       Grup Editing, berisi tombol-tombol perintah yang berhubungan dengan pengaturan isi sel.
b)    Tab Insert

Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek kedalam worksheet (lembar kerja). Ada 5 grup tab Insert :
1)    Grup Tables
-    Pivot Table, untuk menyisipkan objek berupa tabel pivot. Tabel pivot yakni rangkuman dari data.
-    Table, untuk menyisipkan objel tabel
2)    Grup Illustrations
-    Pictur, untuk menyisipkan gambar
-    Clipt Art, untuk menyisipkan clipt art
-    Shapes, untuk menyisipkan objek bangun ruang datar dan bangun ruang sederhana
-    Smart Art, untuk menyisipkan grafik smart art  yang biasa berupa bagan.
3)    Grup Chart
-    Column, untuk menyisipkan diagram kolom
-    Line, untuk menyisipkan diagram garis
-    Pie, untuk menyisipkan diagram lingkaran
-    Bar, untuk menyisipkan diagram batang
-    Area, untuk menyisipkan diagram area
-    Scatter, untuk menyisipkan diagram sebaran data (scatter)
-    Other Chart, untuk menyisipkan jenis diagram lainnya seperti stock, surface, dougnut, bubble dan radar
4)    Grup Links
-    Hyperlink, untuk menyisipkan Hyperlink (objek teks atau gambar untuk menampilkan atau sel tertentu.
5)    Grup Text
-    Text Box, untuk menyisipkan kotak isian teks
-    Header & Footer, untuk menyisipkan catatan kepala dan catatan kaki
-    Word Art, untuk menyisipkan word art
-    Signature Line, untuk menyisipka signature
-    Object, untuk menyisipkan objek kedalam dokumen
-    Symbol, untuk menyisipkan simbol atau karakter yang tidak ada pada keyboard.

c)    Tab Page LayOut
Tab Page LayOut digunakan untuk mengatur tampilan halaman. Berikut icon-icon Tab Page LayOut:
1)    Grup Themes
-    Themes, untuk mengubah keseluruhan desain/tema dokumen
-    Colors, untuk mengubah warna pada desain/tema
-    Fonts, untuk mengubah jenis huruf pada desain/tema
-    Effect, untuk mengubah jenis efek pada desain/tema
2)    Grup Page SetUp
-    Margins, untuk mengubah margin dokumen (jarak tulisan pada tepi kertas)
-    Orientation, untuk mengubah orientasi dokumen
-    Size, untuk mengubah ukuran kertas yang digunakan
-    Print Area, untuk mengatur area cetak
-    Break, untuk menandai halaman baru pada saat dokumen dicetak
-    Background, untuk memilih gambar yang akan dijadikan latar belakang dokumen
-    Print Titles, untuk menentukan baris dan kolom yang akan digunakan sebagai judul lembar kerja/tabel
3)    Grup Scale to Fit
-    Width, untuk mengatur lebar halaman yang akan dicetak
-    Height, untuk mengatur panjang halaman yang akan dicetak
-    Scale, untuk memperbesar atau memperkecil output halaman yang akan dicetak
4)    Grup Sheet Option
-    Gridlines – View, untuk menampilkan garis bantu
-    Gridlines – Print, untuk mencetak dokumen beserta garis bantu
-    Headings – View, untuk menampilkan kepala kolom dan baris
-    Headings – Print, untuk mencetak dokumen beserta kepala kolom dan baris

5)    Grup Arrange
-    Bring to Front, untuk memindahkan objek kepaling terdepan
-    Send to Back, untuk memindahkan objek kepaling terbelakang
-    Selection Pane, untuk menampilkan selection pane
-    Align, untuk mengatur peletakan beberapa objek yang dipilih
-    Group, untuk menggabungkan beberapa objek
-    Rotate, untuk memutar objek

d)    Tab Formulas
Tab Formuals digunakan untuk mengerjakan seputar formula/rumus. Berikut grup iconnya:
1)    Grup Function Library
-    Insert Function, untuk mengedit formula yang digunakan pada sel yang terpilih
-    AutoSum, untuk memasukkan fungsi SUM(jumlah)
-    Recently Used, untuk memasukkan daftar fungsi yang sebelumnya telah digunakan
-    Financial, untuk memasukkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan bidang finansial (keuangan)
-    Logical, untuk memasukkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan bidang logika
-    Text, untuk memasukkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan bidang teks
-    Lookup & Reference, untuk memasukkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan pengalamatan sel
-    Math & Trig, untuk memasukkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan bidang matematika dan trigonometri
-    More Function, untuk memasukkan fungsi-fungsi yang berhubungan dengan bidang statistik, mesin, kubus, dan informasi seputar sel.

2)    Grup Defined Names
-    Name Manager, untuk membuat, mengedit menghapus dan menemukan semua nama yang digunakan dalam workbook
-    Define Name, untuk menamai sel tertentu agar bisa dipanggil dalam formula dengan nama tersebut
-    Use in Formula, untuk memilih sebuah nama yang digunakan dalam workbook dean menggunakannya di dalam formula yang sedang dipakai
-    Create From Selection, untuk memberikan nama secara otomatis pada sel-sel yang telah terpilih.

3)    Grup Formula Auditing
-    Trace Precendents, untuk menampilkan panah yang menunjukkan sel-sel yang isinya mempengaruhi isi sel yang sedang dipilih
-    Trace Dependents, untuk menampilkan panah yang menunjukkan sel-sel yang dipengaruhi oleh isi sel yang sedang dipilih
-    Remove Arrows, untuk menghapus panah yang telah ditampilkan oleh Trace Precedents dan  Trace Dependents
-    Show Formulas, untuk menampilkan formula yang digunakan dalam setiap sel
-    Error Checking, untuk mengecek kesalahan umum yang terjadi dalam formula
-    Evaluate Formula, untuk menampilkan kotak dialog Evaluate Formula agar bisa memeriksa jalannya setiap bagian formula satu persatu
-    Watch Window, untuk memantau nilai pada sel-sel tertentu pada saat mengubah isi workbook

4)    Grup Calculation
-    Calculation Option, untuk menentukan kapan formula akan dihitung
-    Calculate Now, untuk menghitung semua formula dalam workbook
-    Calculate Sheet, untuk menghitung semua formula dalam worksheet

e)    Tab Data
1)    Grup Get External Data,
-    From Access, untuk memasukkan data dari database Microsoft Access
-    From Web, untuk memasukkan data dari halaman web
-    From Text, untuk memasukkan data dari file teks
-    From Other Sources, untuk memasukkan data dari sumber-sumber lain mis: SQL Server, XML dll.

2)    Grup Connections
-    Refresh All, untuk memperbaharui semua data dalam workbook yang berasal dari sumber data luar
-    Connections, untuk menampilkan semua koneksi data untuk workbook
-    Properties, untuk menentukan bagaimana sel-sel yang terhubung kesebuah sumber data akan diperbaharui, apa sasja isi sumber yang akan ditampilkan dan bagaimana perubahan banyaknya baris dan kolom dalam sumber data akan ditangani dalam workbook
-    Edit Links, untuk menampilkan semua file-file lain yang terhubung kedalam worksheet sehingga Anda bisa memperbaharui atau menghapus link terhadap file-file tersebut.
3)    Grup Sort & Filter
-    Sort A to Z, untuk mengurutkan data terpilih dari data terkecil ke-yang terbesar
-    Sort Z to A, mengurutkan data terpilih dari data terbesar ke-yang terkecil
-    Sort, untuk memunculkan kotak dialog Sort agar dapat mengurutkan data berdasarka beberapa kriteria secara bersamaan
-    Filter, untuk memberlakukan filtering (penyaringan data) pada sel-sel terpilih
-    Clear, untuk menghapus ketentuan sort dan filter yang berlaku pada range data yang bersangkutan.
-    Reapply, untuk memberlakukan filter dan sort pada range yang bersangkutan
-    Advanced, untuk menentukan kriteria yang kompleks untuk membatasi record yang dimasukkan kedalam hasil serangkaian query
4)    Grup Data Tools
-    Text to Columns, untuk memsisahkan isi dari satu sel Excel kedalam beberapa kolom terpisah
-    Remove Duplicates, untuk menghapus baris-baris yang bernilai sama pada lembar kerja.
-    Data Validation, untuk mencegah data yang tidak tepat dimasukkan kedalam sel
-    Consolidate, untuk mengkombinasikan nilai-nilai dari banyak range kedalam satu range baru
-    What-If Analysis, untuk mencoba beragam nilai untuk dimasukkan kedalam formula pada lembar kerja.
5)    Grup OutLine
-    Group, untuk mengikat suatu range sel bersama-sama sehingga bisa dikembangkan atau disusutkan
-    Ungroup, untuk memisahkan sel-sel yang telah digabungkan dengan group
-    Subtotal, untuk menghitung jumlah beberapa kolom dari data yang berkaitan bersama-sama dengan secara otomatis memasukkan total dan subtotal dari sel-sel yang terpilih
-    Show Detail, untuk mengembangkan grup sel-sel yang disusutkan
-    Hide Detail, untuk menyusutkan grup sel-sel

f)     Tab Review
1)    Grup Proofing
-    Spelling, untuk memeriksa ejaan pada teks
-    Research, untuk mencari referensi
-    Thesaurus, untuk mencari kata lain yang bermakna sama dengan kata yang terpilih
-    Translate, untuk menerjemahkan teks kedalam bahasa lain.
2)    Grup Comments
-    New Commenr, untuk menambahkan komentar pada sel yang aktif
-    Delete, untuk menghapus komentar
-    Previous, untuk melihat komentar sebelumnya
-    Next, untuk melihat komentar selanjutnya
-    Show/Hide Comment, untuk menampilkan atau menyembunyikan komentar
-    Show All Comment, untuk menampilkan semua komentar
-    Show Ink, untuk menampilkan atau menyembunyikan ink annotation
3)    Grup Changes
-    Protect Sheet, untuk mencegah perubahan yang tidak diinginkan pada data lembar kerja dengan menentukan informasi yang bisa diubah.
-    Protect Workbook, untuk membatasi akses terhadap lembar kerja dengan mencegah pembuatan lembar baru atau dengan memberikan akses hanya kepada orang-orang tertentu
-    Share Workbook, untuk mengijinkan banyak orang bekerja dalam satu lembar kerja pada waktu yang bersamaan
-    Protect and Share Work Book, untuk membagikan lembar kerja sekaligus memproteksinya dengan password pada saat yang bersamaan.
-    Allow Users to Edit Ranges, untuk mengijinkan orang-orang tertentu untuk mengedit sel-sel dalam lembar kerja yang diproteksi
-    Track Changes, untuk melihat semua perubahan yang dilakukan terhadap dokumen


g)    Tab View
1)    Grup Work Book Views
-    Normal, untuk menampilkan dokumen dalam tampilan normal
-    Page LayOut, untuk menampilkan dokumen sebagaimana bila tercetak
-    Page Break Preview, untuk menampilkan preview potongan halaman jika dokumen dicetak
-    Customs View, untuk menyimpan pengaturan tampilan dan cetak
-    Full Screen, untuk menampilkan dokumen dalam satu layar penuh.

2)    Grup Show/Hide
-    Ruler, untuk menampilkan atau menyembunyikan mistar (penggaris)
-    Gridlines, untuk menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pembatas setiap kolom dan baris
-    Message Bar, untuk menampilkan Message bar agar melengkapi aksi-aksi yang diperlukan di dokumen
-    Formula Bar, untuk menampilkan atau menyembunyikan Formula Bar
-    Headings, untuk menampilkan atau menyembunyikan kepala kolom dan baris
3)    Grup Zoom
-    Zoom, untuk memperbesar tampilan dokumen
-    100%, untuk menampilkan ukuran asli dokumen
-    Zoom to Selection, untuk memperbesar tampilan lembar kerja sehingga range yang sedang dipilih memenuhi tampilan jendela
4)    Grup Window
-    New Window, untuk membuka jendela baru sehingga menampilkan dokumen yang sedang dibuka
-    Arrange All, untuk menampilkan semua program terbuka dalam satu layar dan menyusunnya seperti susunan ubin
-    Freeze Panes, untuk membuat sebagian lembar kerja tetap terlihat sementara sebagian lainnya digulung
-    Split, untuk memcah tampilan jendela lembar kerja menjadi beberapa kotak yang dapat diatur besarnya
-    Hide, untuk menyembunyikan jendela yang bersangkutan sehingga tidak terlihat.
-    Unhide, untuk menampilkan kembali jendela yang disembunyikan dengan tombol hide
-    View Side By Side, untuk menampilkan dia lembar kerja secara berdampingan.
-    Synchronous Scrooling, untuk menyeimbangkan penggulungan dua dokumen sehingga tergulung bersama-sama
-    Reset Window Position, untuk mengembalikan posisi jendela dokumen yang dibandingkan secara side by side
-    Save Work Space, untuk menyimpan susunan jendela sehingga dapat ditampilkan dilain waktu
-    Switch Window, untuk berpindah kejendela dokumen Excel lainnya yang sedang terbuka.
5)    Grup Macros
-    Macros, untuk merekam atau mengatur macro.

2. Microsoft Office Button
Selain Ribbon Menu, terdapat pula Office Button yang terletak pada pojok kiri atas. Berikut fungsi dari setian tombol yang ada di Office Button.
1)       New, untuk membuat WorkBook baru
2)       Open, untuk membuka dokumen excel
3)       Save, untuk menyimpan dokumen dari WorkBook yang sedang aktif
4)       Save As, untuk menyimpan dokumen yang aktif dengan nama file yang baru dengan folder yang ditentukan
5)       Print, untuk mencetak dokumen
6)       Prepare, untuk menyimpan dokumen agar siap disebarkan
7)       Send, untuk mengirim salinan dokumen kepada orang lain melalui email ataupu fax
8)       Publish, untuk menyebarkan dokumen kepada orang lain
9)       Close, untuk menutup WorkBook  yang sedang digunakan
10)   Recent Document, berisi daftar dokumen-dokumen Excel yang terakhir kali dibuka
11)   Excel Options, untuk membuka jendela pengaturan Ms. Excel
12)   Exit Excel, untuk keluar dari program Ms. Excel 2007.



B.  Menyimpan dan Membuka Dokumen Microsoft Excel 2007
1.    Format File Ms. Excel 2007
Microsoft Excel 2007 menggunakan format file baru yang berbeda dengan format file excel versi sebelumnya. Format File Excel 2007 memiliki ekstensi File “xlsx”. Format file tersebut merupakan perbaikan dan pengembangan dari format file sebelumnya.

2.    Menyimpan Dokumen Baru
Ada 3 cara menyimpan dokumen baru pada Ms. Excel 2007:
a.       Klik icon Save (gambar disket) pada Quick Access Toolbar
b.       Klik Office Button kemudian klik Save
c.        Menekan tombol Ctrl dan S pada keyboard secara bersamaan

3.    Membuka Dokumen Excel
Ada 3 cara membuka dokumen Ms. Excel 2007:
a.       Klik Office Button lalu cari file-nya dan klik Open
b.       Tekan tombol Ctrl dan O secara bersamaan pada keyboard lalu cari file-nya dan klik Open
c.        Klik Icon Open (gambar folder terbuka) pada Quick Access Toolbar lalu cari file-nya dan klik Open

4.    Menyimpan Dokumen yang dibuka dengan Nama Lain
Langkah-langkah menyimpan dokumen yang dibuka dengan nama lain sbb:
a.    Klik  Office Button
b.    Arahkan Mouse pada menu Save As. Klik salah satu tipe dokumen seperti tipe Excel 97-2003 atau Excel Workbook (untuk format Excel 2007)
c.     Tempatkan penyimpanan file kemudian anda boleh merubah nama filenya kemudian klik Save untuk menyimpan File Excel.
 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

About

Link Pemerintah

Kota Jambi
Rumah Belajar
TV Edukasi